19 Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

19 Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

Salam sejahtera bagi teman-teman google kembali lagi diwebsite hafshaaja.com kali ini admin akan memberikan beberapa penjelasan yang berhubungan dengan 19 Fungsi Dan Contoh Adjustment Adobe Photoshop CC.

Didalam artikel ini admin mencantumkan beberapa gambar yang menjelaskan tentang fitur-fitur beserta fungsi adjustment pada photoshop yang bisa teman-teman ketahui.

Selain itu, admin juga membagikan beberapa penjelasan lainnya yang berhubungan dengan adjustments in photoshop dan kegunaannya.

Bisa teman-teman lihat dibawah artikel ini sudah admin bagikan juga penjelasan dari jenis-jenis adjustment panel photoshop yang bisa kalian simak dan perhatikan.

Apakah itu Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memanufulasi foto atau gambar serta penambahan efek. 

Aplikasi ini juga biasa disebut Photoshop yang merupakan aplikasi buatan Adobe Systems dirilis pada 1990 untuk versi Photoshop 1.0. 

Versi ini dirilis khusus untuk Macintosh dikhususkan untuk pengeditan foto/gambarbersama Adobe Acrobat. 

Pembuatan aplikasi ini juga menjadi produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems yang merilis beberapa versi terbaiknya, diantarannya :

  1. Photoshop CS (Creative Suite)
  2. Adobe Photoshop CS2
  3. Adobe Photoshop CS3
  4. Adobe Photoshop CS4
  5. Adobe Photoshop CS5
  6. Adobe Photoshop CS6, dan versi terbaru
  7. Adobe Photoshop CC (Creative Cloud).

Pengertian Adjustment Adobe Photoshop

Adjustment Photoshop adalah salah satu tools yang ada didalam aplikasi Photoshop yang digunakan sebagai alat untuk photo adjustments in photoshop yang mengatur pewarnaan pada sebuah gambar.

fungsi adjustment pada photoshop ini juga dapat digunakan sebagai fitur untuk memberikan efek yang hanya perlu klik saja toolsnya dan bisa kalian atur saja perubahan yang ingin digunakan.

Contoh dari penggunaan fitur Adjustment ini yaitu mengubah foto yang gelap menjadi terang dengan mengubah dan menambahkan efek warna.

Perbedaan Adjustment Adobe Photoshop

Berikut ini admin sudah membagikan beberapa perbedaan tentang Adjustment Dan Adjusment Layer Photoshop serta fungsi adjustment layer pada photoshop dengan menggunakan gambar.

Dibawah ini juga teman-teman bisa mengatahui penjelasan tentang cara akses Adjustment beserta tutorial photoshop adjustment tools secara sederhana, sebagai berikut :

1. Cara Akses Adjustment Photoshop

Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

Untuk penjelasan cara menggunakan atau akses fitur Photoshop ini diantaranya klik terlebih dahulu image kemudian pilih adjusment.

READ  Download Sertifikat Pramuka Word Coreldraw Dan Photoshop

Fitur ini bisa diakses dengan cara image dan fitur ini juga menampilkan beberapa pilihan yang bisa pengguna gunakan untuk mengubah dan menambahkan efek warna.

Selanjutnya, kalian bisa lihat pada menu layer kemudian klik Adjusment Layer untuk menambahkan efek warna dengan layer baru.

Terdapat tiga bagian yang bisa pengguna pilih sesuai dengan penggunaan efek warna yang ingin diterapkan pada suatu gambar.

2. Perbedaan Adjustment Dan Adjusment Layer Photoshop

Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

Untuk penggunaan Adjusment pada aplikasi Photoshop ini bisa digunakan secara langsung yang dalam satu frame saja. 

Didalam kegunaan layer mask di photoshop satu frame ini bisa digunakan oleh beberapa gambar dan efek warna sesuai dengan pilihan warna yang digunakan.

Sedangkan, untuk Adjusment Layer ini penggunaan gambar dan efek-efek warna yang digunakan tidak di satukan didalam frame.

Hal ini bisa membantu kalian dalam mengatur pewarnaan didalam sebuah gambar dan mempermudah dalam menambahkan beberapa efek warna. 

djusment Layer ini juga untuk framenya bisa disusun sesuai dengan tahapan yang kalian terapkan dalam suatu gambar.

Jenis Adjusment Photoshop

Silahkan untuk teman-teman bisa langsung simak saja beberapa penjelasan yang admin cantumkan dibawah ini tentang jenis Adjusment Photoshop secara sederhana. 

Penjelasan tentang jenis-jenis Adjusment Photoshop ini bisa teman-teman jadikan sebagai informasi pendukung yang dapat membantu kalian dalam menggunakan efek warna pada fitur Adjusment Photoshop, sebagai berikut :

1. Solid Color Dan Gradient

Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

Untuk perbedaan dua jenis Adjusment Photoshop ini Solid Color Dan Gradient pada dasarnya keduanya juga memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan efek. 

Tetapi, dua jenis ini memiliki perbedaan dalam memberikan sebuah efek warna didalam gambar. Untuk solid color ini teman-teman hanya bisa menggunakan satu warna saja didalam shape.

Sedangkan, penggunaan gradaient teman-teman bisa menggunakan dua warna yang kalain pilih untuk dijadikan warna efek gradasi didalam gambar .

Bisa teman-teman lihat saja pada gambar diatas sudah admin contohkan cara penggunaan dua jenis Adjusment Photoshop ini.

2. Pattren Dan Brigness

Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

Pada jenis Adjusment Photoshop selanjutnya yaitu Pattren dan Brignes yang merupakan bagian efek Photoshop yang bisa teman-teman gunakan dalam memanifulasi foto atau gambar kalian.

Penggunaan pattren ini bisa teman-teman gunakan untuk memberikan efek yang sama secara berulang pada suatu gambar. 

READ  Kumpulan Download Twibbon 17 Agustus 2021 Berbagai Format

Selain itu, pattren ini juga dapat menambahkan satu layer dengan satu pola yang sudah dipilih dan bentuk menjadi sebuah pola gambar seperti contoh diatas. 

Sedangkan, penggunaan brigness atau contras ini bisa teman-teman gunakan untuk menambahkan efek kecerahan pada suatu gambar.

Jenis efek ini juga dapat menambahkan efek contras gambar dan meningkatkan kepadatan warna agar tampilan gambar bisa terlihat lebih jelas. 

Tetapi, sesudah menggunakan jenis efek ini teman-teman bisa mendapatkan hasil yang memuaskan bahkan hasil yang kurang baik karena warna pada gambar dan efek kecerahan tidak sinkron.

3. Curves Dan Exposure

Fungsi Adjustment Adobe Photoshop CC

Dua jenis Adjusment Photoshop ini merupakan fitur yang pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama yaitu memberikan efek warna pada suatu gambar. 

Untuk curves ini dalam penggunaannya teman-teman bisa mengatur warna dalam bentuk graftik atau kurva seperti contoh gambar diatas. 

Curves ini juga bisa teman-teman gunakan untuk menambahkan beberapa campuran komposisi warna secara bersamaan. 

Untuk penggunaan efek exposure ini memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk mengatur Exposure, Offset dan gamma (midtones) pada suatu gambar.  

Penggunaan efek ini dapat mengatur bagian foto yang terang yang sering digunakan dalam membuat HDR.

5. Vibrance dan  Hue / Saturation

Vibrance adjustment merupakan salah satu fitur efek yang dapat teman-teman gunakan dalam mengatur intensitas warna pada foto.  

Hasil dari penggunaan jenis adjustment ini juga dapat mengatur warna pada kulit kita sehingga penambahan efek ini sangat berpengaruh pada tampilan suatu gambar. 

Untuk hue atau saturation ini memiki fungsi hue/saturation pada photoshop yang dapat memberikan komposisi warna pada keselurahan gambar. 

Jenis Adjusment Photoshop ini juga menghasilkan warna yang lebih tajam dan lebih spesifik.

6. Color Balance Dan Black and White

Untuk perbedaan antara dua jenis adjustment ini yaitu Balance bisa digunakan untuk custom warna tertentu ke highlight, midtones.

Tetapi, untuk efek shadow terpisah yang akan mengkonversikan semua warna pixel menjadi hitam atau putih.

fungsi color balance pada photoshop ini juga bisa teman-teman gunakan untuk menambah serta mengurangi sisi gelap (shadows), sisi tengah (midtones), dan sisi terang (highlight).

READ  Download Desain Brosur Makanan 3 Lipat Coreldraw Dan Photoshop

Untuk efek black and white ini dapat digunakan sebagai pengatur dua warna yang disetting menggunakan kurva.  

Efek black and white juga merupakan metode konversi paling sederhana yang bisa teman-teman gunakan untuk mengatur warna pada suatu gambar.

7 . Photo Filter Dan Channel Mixer

Untuk photo Filter ini memiliki fungsi yang dapat digunakan sebagai fitur efek warna pada suatu gambar dengan berbagai warna pilihan seperti Warming Filter (Suasana Hangat), Cooling Filter (Suasana Dingin), dan warna filter lainnya.

Kemudian, untuk Channel Mixer ini bisa teman-teman gunakan sebagai instrument paling baik dalam mengatur warna pada gambar seperti gambar grayscale.

8. Invert Dan Posterize

Penggunaan Invert pada aplikasi Photoshop digunakan sebagai alat untuk membuat serta mengatur warna menjadi efek negatif film pada sebuah gambar.

Invert ini juga memiliki fungsi yang bisa mengganti setiap warna menjadi warna sejenisnya dengan mengganti nilai inversinya dengan menggunakan skala nilai warna 256..

Efek ini juga harus diperhatikan perpaduan warnanya terlebih dahulu setelah diinversi gambarnya akan menjadi lebih menarik atau tidak.

Jika posterize merupakan kebalikannya dari efek invert yang bisa mengurangi kembali nilai inversinya dan jumlah warna pada pixel menjadi 255 atau lebih rendah.

9. Treshold Dan Gradient Map

perbedaan jenis efek selanjutnya yaitu treshold yang merupakan salah satu efek yang dapat mengkonversikan warna pada semua pixel suatu gambar menjadi hitam atau putih.

Untuk gradient map ini bisa digunakan untuk mengubah warna pada tone dengan gradasi warna yang bisa teman-teman pilih sesuai dengan kebutuhan warna suatu gambar.

10. Selective Color

Untuk jenis adjustment Photoshop terakhir ini bisa digunakan untuk menambah atau mengeluarkan warna yang dipresentasikan menjadi warna CMYK serta warna hitam.

 Untuk tugas materi Adjustment Adobe Photoshop CC teman-teman bisa membuat foto atau gambar yang nantinya diedit menggunakan beberapa jenis Adjustment Photoshop. 

Contoh penggunaan Adjustment Photoshop ini yaitu menambahkan efek warna vintage, lomo galmor dan masih banyak lainnya.

Terimakasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung dan melihat beberapa penjelasan tentang 19 Fungsi Dan Contoh Adjustmenat Adobe Photoshop CC.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Terima Kasih Sudah Berkunjung