5 Rekomendasi Belajar Buku UI/UX Para Desainer Dunia

5 Rekomendasi Belajar Buku UIUX Para Desainer Dunia

Selamat datang kita masih membahas tetang UI/UX kita bahas dengan judul 5 Rekomendasi Belajar Buku UI /UX Para Desainer Dunia

Untuk membuat artikel blog tentang buku rekomendasi UI/UX, Anda dapat mempertimbangkan beberapa buku berikut:

1. “Don’t Make Me Think” oleh Steve Krug

– Buku ini membahas tentang prinsip-prinsip desain yang intuitif dan mudah dipahami oleh pengguna.

2. “The Design of Everyday Things” oleh Don Norman

– Don Norman membahas tentang bagaimana desain memengaruhi interaksi sehari-hari dan pengalaman pengguna.

3. “Hooked: How to Build Habit-Forming Products” oleh Nir Eyal

– Buku ini fokus pada psikologi di balik produk yang menarik dan cara menciptakan produk yang membuat pengguna kembali lagi.

4. “Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days” oleh Jake Knapp

– Buku ini menawarkan panduan langkah demi langkah untuk merancang produk digital yang sukses melalui proses sprint.

Dengan memasukkan tinjauan singkat tentang setiap buku dan bagaimana masing-masing dapat memberikan wawasan berharga dalam disiplin UI/UX, artikel Anda dapat memberikan panduan yang berguna bagi para pembaca yang tertarik dalam topik ini.

Detail Buku UI/UX tentang Don’t Make Me Think

Buku “Don’t Make Me Think” adalah karya Steve Krug yang membahas tentang interaksi antara manusia dan komputer, dengan fokus pada desain web yang logis dan mudah dipahami oleh pengguna. Buku ini membahas beberapa aspek penting dalam desain UI/UX, seperti:

1. Mudah digunakan: Situs web harus mudah digunakan oleh pengguna tanpa harus berpikir terlalu lama atau sulit. Hal ini mencakup aspek seperti navigasi yang yakin, tombol yang mudah ditekan, dan tata letak yang alir.

2. Jelas: Teks pada situs web harus jelas dan mudah dipahami, dengan penggunaan format teks yang mudah dibaca dan pengorganisiran informasi yang logis.

3. Minimalisir: Desain web harus minimalisir dan tidak menawarkan informasi yang tidak penting atau menarik bagi pengguna. Hal ini mencakup penggunaan whitespace, warna, dan gambar yang sesuai untuk mendukung desain.

4. Mengambil keuntungan dari keberadaan pengguna: Buku ini menekankan pentingnya memilih solusi terbaik dari pilihan yang muncul pertama kali pengguna interaksi dengan produk. Hal ini mencakup aspek seperti auditing dan pengujian A/B untuk menentukan desain yang paling efektif.

5. Menggunakan contoh yang baik: Buku ini menggunakan contoh yang baik, seperti Amazon.com, untuk menunjukkan bagaimana cara menulis dengan fokus yang baik dan berkualitas.

Dalam artikel blog Anda, Anda dapat membahas lebih lanjut tentang panduan praktis dari buku ini dan bagaimana cara menerapkan pembelajaran tersebut dalam desain UI/UX Anda.

simak juga vidio tentang buku ini di vidio dibawah

Buku UI/UX The Design Of Everyday Things Dengan Detail

Buku The Design of Everyday Things adalah karya Don Norman yang membahas tentang bagaimana desain memengaruhi interaksi sehari-hari dan pengalaman pengguna.

Buku ini membahas beberapa aspek penting dalam desain produk, seperti:

1. Affordances: Konsep ini mengacu pada kemampuan produk untuk memberikan petunjuk tentang cara menggunakannya. Sebagai contoh, pegangan pada pintu memberikan petunjuk tentang cara membuka pintu.

2. Mapping: Konsep ini mengacu pada hubungan antara kontrol dan tindakan yang dihasilkan. Sebagai contoh, tombol yang mengontrol lampu harus ditempatkan di dekat lampu itu sendiri.

3. Feedback: Konsep ini mengacu pada respons yang diberikan oleh produk terhadap tindakan pengguna. Sebagai contoh, suara klik pada keyboard memberikan umpan balik bahwa tombol telah ditekan.

4. Mental Models: Konsep ini mengacu pada representasi mental yang dimiliki pengguna tentang cara kerja produk. Sebagai contoh, pengguna memiliki mental model tentang bagaimana mesin cuci bekerja.

5. Error Messages: Buku ini membahas tentang bagaimana pesan kesalahan harus dirancang agar mudah dipahami oleh pengguna.

Dalam artikel blog Anda, Anda dapat membahas lebih lanjut tentang panduan praktis dari buku ini dan bagaimana cara menerapkan pembelajaran tersebut dalam desain produk Anda.

Anda juga dapat membahas contoh kasus nyata di mana prinsip-prinsip yang dibahas dalam buku ini dapat diterapkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Buku UI/UX Refactoring UI

Buku “Refactoring UI” oleh Adam Wathan dan Steve Schoger adalah sumber daya komprehensif yang membahas berbagai taktik dan prinsip desain untuk menciptakan antarmuka pengguna yang menarik dan fungsional.

Buku ini mencakup beragam topik, termasuk prinsip desain, taktik visual, dan panduan praktis untuk meningkatkan desain antarmuka pengguna. Beberapa poin utama yang dibahas dalam buku ini meliputi:

1. Prinsip Desain: Buku ini membahas prinsip-prinsip dasar desain, seperti hierarki, pemilihan warna, tipografi, dan tata letak yang efektif.

2. Taktik Visual: Buku ini memberikan taktik visual yang spesifik, seperti cara mengatur elemen-elemen antarmuka pengguna, penggunaan whitespace, dan pengelompokan konten.

3. Panduan Praktis: Selain teori, buku ini juga memberikan panduan praktis dan contoh konkret untuk meningkatkan desain antarmuka pengguna, termasuk bagaimana memperbaiki desain yang sudah ada tanpa harus memulai dari awal.

Berdasarkan ulasan dan deskripsi, buku ini sangat cocok untuk mereka yang ingin meningkatkan keterampilan desain antarmuka pengguna mereka, baik untuk pemula maupun mereka yang sudah berpengalaman.

Bagaimana Cara Menerapkan Prinsip Refactoring Ui Pada Pengembangan Aplikasi Mobile

Dalam pengembangan aplikasi mobile, prinsip refactoring UI dapat diterapkan dengan melakukan perbaikan pada tampilan antarmuka pengguna tanpa mengubah fungsionalitasnya.

Beberapa cara untuk menerapkan prinsip refactoring UI pada pengembangan aplikasi mobile antara lain:

1. Menerapkan pola arsitektur yang tepat

Salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi mobile adalah menggunakan pola arsitektur yang tepat, seperti Model-View-ViewModel (MVVM). Pola arsitektur yang tepat dapat membantu memudahkan proses refactoring UI.

2. Menerapkan praktik clean code

Praktik clean code dapat membantu memastikan kode yang dibuat mudah dimengerti dan diubah. Dalam software engineering, direkomendasikan dilakukan praktik refactoring secara kontinu untuk meningkatkan kualitas internal dari kode, supaya lebih mudah dipahami dan dikembangkan di masa mendatang.

3. Menggunakan taktik visual yang tepat

Buku “Refactoring UI” memberikan taktik visual yang spesifik, seperti cara mengatur elemen-elemen antarmuka pengguna, penggunaan whitespace, dan pengelompokan konten. Taktik visual yang tepat dapat membantu meningkatkan estetika dan keterbacaan antarmuka pengguna.

Dalam pengembangan aplikasi mobile, refactoring UI dapat membantu meningkatkan kualitas antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Website refactoringui.com

Refactoringui.com adalah situs web yang menawarkan sumber daya komprehensif untuk mendalami desain antarmuka pengguna (UI).

Situs ini menyediakan berbagai materi, termasuk buku, screencasts, galeri komponen, serta aset desain kustom.

Melalui situs ini, pengguna dapat mempelajari taktik dan prinsip desain yang spesifik untuk menciptakan antarmuka pengguna yang menarik tanpa harus bergantung pada seorang desainer.

Situs ini menawarkan paket lengkap yang mencakup buku berhalaman 218 dalam format PDF, tiga tutorial video mendalam, galeri inspirasi komponen, palet warna, rekomendasi font, dan perpustakaan ikon.

Selain itu, situs ini juga menawarkan e-course dan paket premium lainnya untuk membantu para pengembang menjadi ahli dalam desain UI.

Dimana Bisa Mendapatkan Buku Refactoring UI

Anda dapat membeli buku Refactoring UI di toko buku online seperti Tokopedia atau Amazon. Buku ini juga tersedia dalam format PDF di situs web resmi Refactoring UI.

Selain itu, situs web seperti Goodreads juga menyediakan informasi tentang buku ini, termasuk ulasan dan penilaian dari pembaca yang telah membaca buku tersebut.

Berapa Harga Buku Refactoring Ui Di Tokopedia

Berdasarkan hasil pencarian di Tokopedia, harga buku Refactoring UI bervariasi tergantung pada penjual dan edisi buku yang dijual. Harga buku Refactoring UI berkisar antara Rp47.000 hingga Rp88.000.

Beberapa penjual menawarkan diskon atau cicilan 0% untuk pembelian buku ini.

Namun, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada penjual dan ketersediaan stok. Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa harga terbaru sebelum melakukan pembelian.

Citations:

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *